Monday , November 20 2017
Latest Post
Home / Tentang Kami

Tentang Kami

Segala puji bagi Allah Azza wa Jalla, kita memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya dan memohon ampunan-Nya. Kita berlindung kepada-Nya dari kejahatan nafsu kita dan dari keburukan amal perbuatan kita. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tiada satupun yang bisa menyesatkannya dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka tiada satupun yang bisa menunjukinya. Saya bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sendiri, tiada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Amma Ba’du

LATAR BELAKANG

Yayasan Dar el-Iman adalah sebuah lembaga yayasan yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan dan sosial yang komitmen terhadap ilmu dan dakwah berdasarkan aqidah ahlussunnah wal jama’ah dan manhaj (jalan) para Salaf Shalih (pendahulu ummat yang baik) -semoga Allah meridhai mereka-. Yayasan Dar el-Iman didirikan berdasarkan Akta Notaris : Dra Butet, SH No 01/01 Mei 2006 dan SK Menteri Hukum HAM RI No.C 1231.HT.01.02 Tahun 2006.

TUJUAN

Yayasan ini bermaksud dan bertujuan merealisasikan pembangunan dan saling tolong menolong dalam kebajikan dan taqwa, guna mencapai kehidupan lahir dan bathin yang layak bagi manusia terutama masyarakat Islam di dalam arti yang seluas-luasnya untuk meraih Ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Yayasan Dar el-Iman mengelola secara maksimal beragam sumber daya bagi kepentingan dakwah, pendidikan dan sosial, antara lain melalui : penyebaran ilmu dan pengetahuan Islam, riset ilmiah, pemberdayaan potensi lembaga pendidikan dan SDM pendidik serta kegiatan sosial.

ASAS DAN PRINSIP

Yayasan Dar el-Iman berasaskan Islam, beraqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan setia mengikuti Al-Quran dan As-Sunnah As-Shahihah.

Berdasarkan hal tersebut, Yayasan Dar el-Iman membenci fanatisme madzhab dan golongan yang membuat kaum muslimin terpecah-belah dan saling berselisih.

 

Yayasan tidak fanatik kepada salah satu ulama atau meninggalkan yang lain, pun tidak berpendapat ada seseorang yang ma’shum (terbebas dari kesalahan) kecuali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sikap fanatik dan membatasi diri pada seseorang akan menjerumuskan ke dalam kesesatan dan fanatisme golongan; bilamana orang yang diikuti tersebut secara sengaja atau tidak sengaja terjerumus ke dalam kelalaian dan kesesatan, maka pengikutnya juga akan tersesat.

Dengan demikian Yayasan memanfaatkan ilmu dari semua ulama ahlussunnah wal jama’ah yang telah disaksikan tingkat keilmuannya, adab dan akhlaknya, kebijaksanaannya dan tingkat ittiba’ (mencontoh) mereka kepada Al-Quran dan As-Sunnah As-Shahihah.

PROGRAM UNGGULAN

Yayasan senantiasa mengutamakan ilmu dan nasehat di dalam dakwahnya dan menempuh cara-cara yang baik serta menjauhi segala bentuk anarkhisme di dalam menyeru kepada kebenaran.

Yayasan menyelenggarakan lembaga pendidikan mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga tingkat atas dengan mendirikan TKIT, SDIT, SMPIT, Pondok Pesantren Tahfizh, dan Lembaga Pendidikan Bahasa Arab.

Agar ilmu-ilmu Islam tersebar luas dan menjangkau segenap lapisan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan, Yayasan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini dengan menyiarkan ilmu-ilmu Islam melalui Radio, Surau TV dan internet.

Yayasan tidak ingin melaksanakan program dakwah ini sendirian (single-fighter), akan tetapi senantiasa mengajak kaum muslimin dimana saja berada untuk bekerja sama di dalam dakwah dan pendidikan ini. Dengan demikian akan tampak nyata realisasi dari firman Allah, artinya, ”…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…” (QS. Al-Maaidah : 2).

 

PENUTUP

Sebagai penutup, Yayasan senantiasa berusaha untuk berbuat yang benar dan menjauhi kesalahan. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang tidak membebani kita sekalian dengan perbuatan yang kita tidak mampu melaksanakannya. Allah berfirman,” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah : 286)

Yayasan senantiasa membuka pintu bagi setiap orang yang menginginkan kebaikan bagi umat Islam dan bagi para da’i serta senantiasa menasehati baik secara lisan maupun tulisan. Hanya Allah saja pemberi petunjuk ke jalan yang lurus. Shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan atas nabi kita Muhammad, keluarganya dan para shahabat seluruhnya.

Yayasan Dar el-Iman Padang